Example 728x250

Sokong Pertumbuhan Usaha Kreatif, Kelompok KKN UMT Desa Pasir Jaya Cikupa Gandeng LPUMKM PWM Banten dan LPUMKM PDM Gelar Workshop Pelatihan Bisnis Digital Marketing 

Foto bersama kegiatan Workshop Pelatihan Bisnis Mulai dari Nol dan Digital Marketing

 

TANGERANG,- Dalam upaya mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), yang tergabung dalam Kelompok KKN Desa Pasir Jaya, mengandeng Lembaga Pengembang UMKM PWM Banten dan LPUMKM PDM Kabupaten Tangerang, menggelar kegiatan Workshop Pelatihan Bisnis Mulai dari Nol dan Digital Marketing di Aula Kantor Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cikupa, Minggu (10/8/2025).

 

Peserta yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Tangerang berkesempatan untuk meningkatkan kualitas bisnis mereka melalui sesi pelatihan komprehensif tentang bagaimana memulai bisnis dari nol hingga memanfaatkan strategi digital marketing yang efektif.

 

Pelatihan ini dirancang khusus untuk memberikan keterampilan praktikal yang berharga bagi pengembangan dan keberlanjutan usaha di era digital.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para ahli di bidang bisnis dan pemasaran digital. Fasilitator juga memberikan bimbingan langsung mengenai langkah – langkah awal dalam membangun usaha serta bagaimana memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Kepala Desa Pasir Jaya Muhidin, S.Pd. turut hadir dan memberikan sambutannya dalam acara ini. Beliau mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas penyelenggaraan workshop pelatihan ini bagi warganya. Kegiatan Workshop Pelatihan Bisnis Mulai dari Nol dan Digital Marketing Ini adalah pertama kalinya diselenggarakan di Desa Pasir Jaya.

 

“Kami sangat berterima kasih karena workshop ini secara nyata membantu UMKM kami, terutama dalam hal pemasaran digital yang selama ini menjadi tantangan besar,” ucap Muhidin, Kepala Desa Pasir Jaya.

 

Selain Kepala Desa Pasir Jaya, Ketua Lembaga Pengembang UMKM PWM Banten Dr. Hamdani, SE, S.Pd, M.M., M.Ak. yang sekaligus sebagai narasumber juga menjelaskan, “Kami melihat pentingnya pembekalan pengetahuan dan keterampilan baru kepada para pelaku UMKM agar dapat bersaing di dunia usaha yang semakin menuntut inovasi dan adaptasi teknologi,”jelasnya.

 

Dalam kesempatan ini, Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tangerang Dr. Junet Kaswoto, M.M yang juga sebagai Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa KKN Kelompok Desa Pasir Jaya dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Pasir Jaya dan jajarannya, Ketua Panitia penyelenggara, Ketua KKN Mahasiswa, narasumber dan semua pihak yang sudah mensupport terselenggaranya pelatihan UMKM ini termasuk kepada pendamping pelaku UMKM dari Kabupaten Tangerang yang hadir dan mengikuti acara ini sampai selesai.

 

 

Hal senada juga disampaikan Sekretaris LPUMKM PWM Banten, bahwa Mahasiswa peserta KKN UMT, sebagai bagian integral dari program pengabdian kepada Masyarakat, mereka terjun di tengah-tengah Masyarakat berperan aktif salah satunya dalam menyelenggarakan workshop ini.

 

Mahasiswa tidak hanya membantu dalam hal logistik, namun juga memberikan dukungan

teknis dan motivasi kepada para peserta pelaku UMKM Desa Pasir Jaya.

 

Workshop ini diharapkan mampu menginspirasi dan memberikan kepercayaan diri kepada para peserta untuk berani melakukan transformasi dalam bisnis mereka. Dengan berbekal wawasan dan keterampilan yang tepat, yang diberikan oleh Suryadi, M. Kom. Selaku narasumber materi Digital Marketing, UMKM di wilayah Kabupaten Tangerang dan Banten, diharapkan dapat tumbuh lebih maju dan memberi kontribusi signifikan terhadap

perekonomian daerah.

 

Workshop ini merupakan kegiatan pelatihan yang ditujukan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kemampuan dalam mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa mereka secara lebih efektif.

 

Dalam kegiatan ini, peserta dibimbing secara praktis dan interaktif untuk memahami berbagai teknik promosi yang menarik serta strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan tren saat ini, baik secara online maupun offline.

 

Peserta diajarkan cara membuat konten materi promosi yang kreatif dan sesuai dengan target pasar, seperti penggunaan media sosial, desain visual yang menarik, hingga penyusunan pesan promosi yang persuasif.

 

Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan berbagai platform pemasaran digital, teknik branding sederhana, dan tips menjangkau pelanggan potensial secara luas dan berkelanjutan.

 

Dalam workshop ini bukan hanya pelaku UMKM yang antusias namun Mahasiswa sebagai panitia pelaksana juga tekun memperhatikan trik dan tips digital marketing yang diberikan oleh nara sumber. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *